12 April 2011

Merangkum Jakarta (a Journey Through Jakarta)



Merangkum Jakarta
(a Journey Through Jakarta)
- documenter film, timelapse -

Video "Merangkum Jakarta (a Journey Through Jakarta)" merupakan hasil karya Febian Nurrahman Saktinegara, 21 tahun, seorang mahasiswa Seni Rupa ITB angkatan 2008.

Secara singkat deskripsi mengenai video tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

Video merupakan gabungan dari 4 bagian;
Part 1 - Dynamic [00:00 - 01:35], Jakarta yang terus bergerak, dan sebagai opening video.
Part 2 - Light and Building [01:38 - 09:47], perjalanan "Timelapse" mengarungi Jakarta, bercerita secara visual perkembangan Jakarta melalui pembangunan yang terjadi di tiap kawasan, sekaligus mengungkapkan gemerlap kota dengan lampu-lampunya yang tiada padam.
Part 3 - Playground [09:53 - 11:32], menyorot anak kecil di Jakarta sebagai objek, tetap bermain di lahan yang semakin menyempit.
Part 4 - Human [11:36 - 14:53], wajah-wajah yang saya temui di Jakarta, disorot setiap perjalanan secara apa adanya, wajah-wajah sibuk mengejar perkembangan Jakarta.

Berjudul "MeRANGKUM JAKARTA" = saya rangkum Jakarta.
Dengan bermodal Kamera DSLR+ lensa + tripod + semangat, Febian mencoba mengangkat tema Jakarta sebagai wujud kecintaannya terhadap kota Jakarta dan terinspirasi untuk mengangkat kota Jakarta di dunia komunitas pecinta video dan seni serta pada khalayak umum untuk memberikan gambaran dan sisi lengkap kota Jakarta dalam suatu rangkaian gambar dan gerak yang dipadu menjadi film yang bernilai estetis.

Video ini sudah di upload di situs youtube.com dan vimeo.com dengan judul yang sama semenjak akhir Februari 2011 dan mendapat apresiasi yang positif dilihat dari komentar yang diterima serta informasi disebarkan via dunia maya seperti forum kaskus.us, facebook dan twitter.

Secara resmi "Merangkum Jakarta" juga terpilih sebagai salah satu pengisi Short Film Screenings: Voice of Young Indonesian Filmmakers yang telah diadakan pada hari Sabtu, 9 April 2011 di @america, The American Cultural Center, Pacific Place Mall.

Selamat menikmati.

cinematography by Febian Nurrahman Saktinegara
music by Two Steps From Hell and John Stanford
© Febian Nurrahman Saktinegara

No comments:

Post a Comment